5 Rekomendasi Aplikasi Lari dan Aplikasi Sepeda yang Akurat

5 Rekomendasi Aplikasi Lari dan Aplikasi Sepeda yang Akurat

5 Rekomendasi Aplikasi Lari dan Aplikasi Sepeda yang Akurat – Lari dan bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan, gratis, dan nggak perlu ribet. Hampir semua orang dapat melakukan olahraga ini.

Setelah berada dirumah dalam waktu yang cukup lama karena peraturan PSBB, olahraga bersepeda dan lari menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mengusir kebosanan dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Tapi ketika kamu berolahraga, pernah tidak sih bertanya-tanya tentang yang kamu lakukan ini berpengaruh terhadap kebugaran badanmu atau tidak? Dan kalau berdampak, seberapa jauh dampaknya? Apa benar bersepeda dan berlari dapat membuat keadaan tubuh menjadi lebih sehat?

Nah, biar kamu tidak merasa gamang lagi. Kamu wajib nih install salah satu dari 5 Rekomendasi Aplikasi Bersepeda dan Berlari Gratis yang Akurat. Apa aja aplikasi-aplikasi itu? Dan ada fitur apa aja disetiap aplikasi? Yuk simak coretan-coretan berikut!

1. Relive

Aplikasi ini mendapatkan rating 4,7 di google playstore. Hampir menedekati 5 loh. Hal tersebut tentu menandakan bahwa banyak orang yang telah mendownload dan percaya pada aplikasi lari virtual dan bersepeda ini.

Relive akan menemanimu untuk melakukan aktivitas berolahraga seperti bersepeda, berlari, berenang, naik gunung, dan sebagainya.

Ketika kamu memilih olahraga seperti berlari atau bersepeda, aplikasi lari gratis ini akan merekam rute yang sudah kamu lalui dalam bentuk 3D. Bahkan kamu juga bisa membuat video rute perjalananmu dengan aplikasi ini loh.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan foto-foto yang kamu ambil ketika kamu dalam perjalanan bersepeda dan berlari untuk kamu tambahkan di video tersebut.

Mungkin kamu juga pernah lihat diberbagai media sosial ada temanmu atau orang lain yang mebagikan pengalamannya bersepeda dan berlari berupa gambar 3D atau video 3D dengan foto-foto mereka ketika dalam perjalanan. Nah, bisa jadi mereka menggunakan aplikasi bersepeda yang bagus ini.

Namun sayangnya, aplikasi ini hanya berfokus pada dokumentasi saat berolahraga dan tidak terlalu fokus dengan hasil dari olahragmu seperti berapa jumlah kalori yang telah terbakar? Seberapa besar tingkat kebugaranmu? Ataupun fitur untuk menganalisis perkembangan olahragamu.

Jadi kalau kamu ingin berolahraga saja dan ingin mendapatkan dokumentasi perjalanan aktivitasmu untuk kebutuhan media sosial, aplikasi ini sangat recommended banget buat kamu Sob.

Untuk download aplikasi ini, kamu bisa klik salah satu link berikut sesuai dengan OS pada ponselmu :

2. Strava

Nah jika kamu mau berlari ataupun bersepeda, kamu bisa memilih aplikasi ini. Ini adalah salah satu aplikasi lari di iphone maupun android. Tidak hanya akan menemanimu bersepeda dan berlari, aplikasi ini akan menjadi asisten kebugaran yang akan mencatat perkembangan olahragamu juga loh.

Karena aplikasi Strava ini ini, memiliki fitur yang berfungsi sebagai:

  • Perekaman rute selama kamu berlari dan bersepeda
  • Informasi rata-rata kecepatanmu saat bersepeda dan berlari
  • Informasi kalorimu yang terbakar
  • Bisa mengaktifkan fitur segmen. Dimana fitur tersebut berguna untuk pembanding antara latihanmu hari ini dengan hari selanjutnya atau kamu juga bisa ikut challenge dengan pengguna Strava yang lain dalam satu olahraga yang sama
  • Terhubung dengan media sosial
  • Kamu juga bisa menentukan pencapaianmu seperti seberapa jauh jarak lari dan seberapa besar kalori yang ingin kamu bakar dengan mode pelatihan
  • Jika kamu berhenti berlari dan bersepeda kamu juga bisa untuk mengganti modenya dengan olahraga lain seperti berenang, panjat tebing, berselancar, yoga, dsb

Namun kamu juga perlu tau tentang kekurangan aplikasi kebugaran jasmani ini. Di Google Playstore, aplikasi ini mendapatkan rating 3,7. Hal tersebut dikarenakan banyak pengguna yang mengeluhkan tentang jarak yang telah tertempuh tidak terupdate oleh aplikasi ini.

Kendala ini mungkin terjadi karena GPS tidak berfungsi dengan baik pada masing-masing HP. Pihak Strava pun menjelaskan hal ini dihalaman Google Play Store.

Namun kamu juga harus tau, bahwa di Apple Store aplikasi ini mendapatkan rating 4,8. Hmmm.. sepertinya banyak pengguna iOS yang puas dengan aplikasi ini

Oh ya fitur yang tersedia di Strava Free hanya ada 3 aja Sob. Record, device support, dan social networking. Jadi jika kamu membutuhkan aplikasi lari dan aplikasi sepeda, untuk mengetahui seberapa jauh jarak yang sudah kamu tempuh, waktu yang kamu gunakan, dan tanjakan yang sudah kamu lewati, aplikasi Strava free ini bisa jadi pilihan kamu.

Namun jika kamu membutuhkan aplikasi lari dan aplikasi sepeda untuk mengikuti berbagai kompetisi, mengukur seberapa jauh keberhasilan olahragamu, atau kamu ingin membuat rute sendiri ketika olahraga, kamu harus pilih Strava yang premium atau Strava Summit.

Jadi secara keseluruhan fitur-fitur pada aplikasi ini sangat asik digunakan untuk lari dan bersepeda. Tinggal kamu menyesuaikan kebutuhanmu saja, lalu pilih Strava free atau Strava Summit.

Apalagi jika kamu adalah seorang atlet atau hobi mengikuti even-even olahraga, aplikasi ini cocok banget buat kamu, Sob

Aplikasi Strava : Aplikasi Lari yang Harus Kamu Ketahui Keunggulannya

Jika kamu menggunakan aplikasi lari ini, cukup klik salah satu link berikut untuk menginstalnya:

3. Google Fit

Google merupakan platform yang semuanya hampir ada ya, Sob. Dari hiburan seperti Google Play music hingga kebutuhan pemberkasan seperti Google Drive.

Kali ini Google juga sudah menyediakan aplikasi kebugaran, yaitu Google Fit. Setelah melihat-lihat dan mempelajarinya, aplikasi pengukur jarak bersepeda ini rasanya cukup menarik Sob. Karena ternyata, google telah bekerjasama dengan WHO (World Healthy Organization) dan AHA (America Heart Association) untuk menetapkan standard poin yang didapat dari aktivitas sehari-hari guna mencapai target kebugaran.

5 Rekomendasi Aplikasi Lari dan Aplikasi Sepeda yang Akurat

Jadi di aplikasi ini, kamu harus melakukan aktivitas olahraga untuk mendapatkan 150 poin dalam seminggu. Poin tersebut adalah standar yang telah ditentukan oleh AHA dan WHO untuk mencapai standar hidup yang sehat.

Selain itu ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Google Fit ini, diantaranya:

  • Memantau performa olahraga
  • Menghitung semua gerakanmu yang bisa untuk mencapai target
  • Dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi kebugaran lainnya seperti Strava
  • Bisa memeriksa perkembangan kebugaranmu dimanapun dan kapanpun
  • Kamu juga bisa menambahkan beberapa kegiatan yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan kebugaranmu dan tidak melulu tentang berlari dan bersepeda saja
  • Google Fit akan memberikanmu poin sebagai indikator yang harus kamu capai agar sesuai standart dari WHO dan AHA
  • Memantau kualitas tidur
  • Memantau berat badan dan tekanan darah
  • Mendapatkan poin setelah melakukan olahraga yang telah kamu pilih

Meski demikian, ada kekurangannya juga yang harus kamu ketahui dari aplikasi olahraga lari dan sepeda ini, Sob. Kekurangannya adalah kita harus memasukkan secara manual tentang perkembangan tekanan darah, berat badan, maupun waktu jam tidur kita dan juga aplikasi ini tidak terhubung dengan media sosial.

Namun secara keseluruhan, aplikasi ini cukup related dengan semua kebutuhan kebugaran tubuhmu. Kamu hanya perlu untuk konsisten dan sedikit telaten untuk mendapatkan hasil akurat dari analisis kegiatanmu berolahragamu.

Aplikasi lari dan aplikasi bersepeda, Google Fit ini bisa menjadi pilihanmu untuk kamu yang benar-benar konsisten dan sangat ingin untuk menerapakan hidup sehat. Karena kelengkapan fitur-fiturnya yang lengkap tersebut.

Install aplikasi ini segera dengan mengunjungi salah satu link dibawah ini. Pilih salah satu link yang sesuai dengan ponsel yang kamu pakai saat ini!

4. Sport Tracker Running Cycling

Aplikasi ini hampir seperti Strava. Terdapat fitur pelacakan rute, pencatatan rata-rata kecepatan, dan hasil pembakaran kalori.

Dari hasil kegiatan berolahragamu itu, kamu juga bisa share ke sesama pengguna aplikasi ini atau kamu share ke media sosial.

Di aplikasi untuk lari dan sepeda ini kamu juga bisa mengikuti seseorang seperti di Instagram. Sehingga meski berolahraga sendirian, kamu tetap bisa terhubung dan termotivasi dari orang-orang yang melakukan hal yang sama di luar sana.

Keunggulan aplikasi Sport Tracker Running Cycling adalah kamu bisa mendapatkan semua fitur yang kamu mau dengan free. Udah gitu kamu juga akan mendapatkan tips fitness gratis untuk kegiatanmu dirumah loh.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah seperti yang terdapat pada kekurangan Strava, yaitu pada GPS yang tidak bisa merecord dengan baik sehingga kamu perlu untuk memastikan terlebih dahulu jaringan ponselmu agar GPS bisa lebih optimal dalam melacak rute yang kamu lalui dan amu juga harus tau bahwa di aplikasi ini tidak ada fitur segmen, challenges, ataupun rekomendasi club.

Jadi jika kebutuhanmu untuk berolahraga dan bukan untuk berkompetisi, aplikasi lari dan aplikasi sepeda ini sangat disarankan untukmu, Sob.

Kamu tertarik dengan aplikasi ini? Klik salah satu link berikut dan sesuaikan dengan OS ponsel yang kamu pakai sekarang :

5. GPS Sport Tracker

Aplikasi ini juga merupakan salah satu dari 5 rekomendasi aplikasi lari dan aplikasi bersepeda yang akurat. Terdapat beberapa fitur yang sama. Seperti pelacakan rute, pencatatan hasil olahraga yang bisa kamu simpan agar bisa kamu bandingkan hasil olahragamu hari ini dan dihari kemarin.

Kamu juga bisa menentukan jadwal sendiri untuk latihan kebugaranmu, loh. Jadi kamu bisa mengatur jadwal kegiatanmu agar lebih konsisten, tertata, dan olahraga tidak akan tergeser oleh kegiatan yang lain.

5 Rekomendasi Aplikasi Lari dan Aplikasi Sepeda yang Akurat

Oh ya, aplikasi ini ukurannya paling kecil loh diantara yang lain, yaitu cuma 10MB dan terdapat fitur darkmode seperti pada google maps gitu. Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk berlari atau bersepeda pada malam hari.

kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan install aplikasi ini dengan klik link ini

Namun aplikasi ini tidak bisa kamu gunakan jika kamu suka mengikuti kompetisi lari ataupun bersepeda secara virtual. Karena tidak ada fitur challenge seperti di Strava.

Meski demikian aplikasi ini cocok banget buat kamu yang ingin hidup sehat tapi banyak kesibukkan. Karena di aplikasi ini terdapat fitur untuk menata jadwal berolahraga agar tetap konsisten dan terdapat fitur darkmode yang bisa kamu gunakan saat berolahraga di malam hari.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, maka install dulu dengan cara klik link berikut dan sesuaikan dengan sistem operasi ponselmu:

Oh ya, akan lebih baik lagi jika kamu juga menggunakan smarwatch yang terhubung dengan aplikasi-aplikasi diatas. Karena aplikasi tersebut, lebih pada memantau jarak yang sudah kamu lalui dalam bersepeda maupun berlari. Serta tidak bisa merecord heart rate kamu seperti di smartwatch.

Padahal, hal tersebut bisa dijadikan indikator untuk menilai kesehatanmu yang tergambar dari detak jantung dan aliran darah dalam mengirimkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh.

Nah, dari 5 rekomendasi aplikasi lari dan bersepeda yang akurat tersebut kamu sudah pakai yang mana nih? Yuk share ceritamu di kolom komentar !

 656 total views,  4 views today