Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

6 Tips Pakai Kulkas Agar Hemat Listrik dan Lebih Awet

Daftar Isi

Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang paling dibutuhkan oleh banyak orang. Seperti yang kalian tahu bahwa kulkas umumnya juga beroperasi hampir 24 jam penuh dan jarang dimatikan dayanya. Hal tersebut menjadikan kulkas menjadi alat elektronik yang menghabiskan banyak energi listrik di rumah. Ada beberapapa hal yang penting untuk diperhatikan agar kulkas yang kalian miliki jadi lebih hemat listrik dan awet. Yuk simak beberapa penyebab dan tips di bawah ini!

Kulkas Boros Listrik? Ini Penyebabnya!

Sebelum tahu beberapa tips bikin kulkas jadi hemat listrik, ketahui dulu yuk penyebab kenapa kulkas kalian jadi boros listrik di berikut ini.

  • Mengatur suhu lemari es terlalu dingin
  • Membiarkan lemari es tanpa isi (kosong) dalam keadaan menyala
  • Membuka lemari es terlalu lama
  • Membiarkan penumpukan bunga es dalam freezer

Nah, setelah tahu beberapa penyebab di atas, kalian juga penting untuk tahu beberapa tips kulkas hemat listrik di bawah ini!

Tips Agar Hemat Listrik

1. Isi Sesuai Kapasitas

Usahakan untuk selalu atur isi kulkas dengan rutin. Isi kulkas sesuai kapasitas saja, tidak terlalu sedikit atau terlalu penuh. Jika isi kulkas terlalu sedikit, kulkas akan bekerja lebih ekstra untuk menyebarkan energinya agar isi kulkas dingin merata. Begitupun jika kulkas yang terlalu penuh, hal itu akan membuat makanan yang disimpan di dalamnya menjadi sulit dingin karena terlalu sesak. Suhu dingin dalam kulkas perlu sedikit ruang cukup sebagai kebutuhan sirkulasi udara.

2. Atur Suhu Dengan Benar

Hal lain yang bisa kalian lakukan untuk menghemat listrik pada kulkas yakni, atur suhu kulkas dengan benar sesuai kebutuhan saja. Hindari mengatur suhu pada titik terendah, karena hal tersebut akan menyebabkan tenaga yang akan dikeluarkan oleh kulkas akan lebih besar dan akan mempengaruhi daya listrik dari kulkas itu sendiri.

3. Atur Jarak Dengan Sekitarnya

Hal yang tak kalah penting yaitu, letakkan kulkas dan beri jarak sekitar 10-15 cm dari dinding atau benda sekitarnya dan minimal 30 cm dari langit-langit ruangan. Hal itu penting untuk penghematan daya pada kulkas. Selain itu, tujuan diberikannya jarak yang cukup yakni agar kulkas tidak cepat panas. Sehingga beban kerjanya menjadi lebih ringan. Dengan begitu, energi listrik yang diperlukan untuk kulkas tidak terlalu banyak.

4. Tutup Rapat Pintu Kulkas

Tips selanjutnya yaitu jangan lupa untuk selalu menutup rapat pintu kulkas setelah kalian membukanya. Pintu kulkas harus ditutup secara rapat agar kulkas mencapai suhu dingin lebih cepat. Jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas ya, Sobat Topsell. Jika lampu kulkas terlalu sering menyala, maka cepat juga kulkas menghabiskan energi listriknya.

5. Hindari Memasukkan Makanan atau Minuman Panas Secara Langsung

Kalian pasti sering melakukan kesalahan yang satu ini, yaitu terburu-buru memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Pasti banyak yang mengira jika hal itu akan membuat makanan atau minuman yang kalian masukkan akan cepat dingin. Padahal, hal tersbeut dapat menyebabkan kerusakan pada kulkas kalian lho, Sobat Topsell.

Diamkan terlebih dahulu makanan panas tersebut sebelum dimasukkan kulkas agar suhunya turun. Karena jika kalian menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas, hal tersebut dapat memengaruhi suhu  dalam kulkas sehingga kinerja kulkas dalam proses pendinginan semakin berat dan membutuhkan banyak energi listrik.

6. Bersihkan Secara Rutin

Tips terakhir yaitu bersihkan kulkas secara rutin. Membersihkan kulkas dengan rutin akan menghindarkan kulkas dari kotoran yang menumpuk dan bau tidak sedap. Jika kalian tidak rutin membersihkan kulkas, kotoran yang ada dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara. Hal tersebut memaksakan kulkas untuk bekerja lebih keras. Dengan begitu, lisrik yang dikeluarkan juga akan semakin besar yang akan menyebabkan pembengkakan pada biaya listrik.

Pilih Kulkas Berkualitas

Yang pasti, kalian juga harus pilih kulkas yang berkualitas juga dong agar dapat bertahan dalam jangka yang panjang. Selain itu, kalian tetap juga harus memperhatikan tips-tips di atas untuk mempertahankan kualitas kulkas yang kalian miliki. Kalian bisa pilih dari dua jenis antara kulkas 1 pintu atau kulkas 2 pintu sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tentunya, pilih barang yang awet juga dong untuk penggunaan jangka panjang. Untuk bisa mendapatkan berbagai jenis kulkas berkualitas dan awet sesuai dengan yang kalian butuhkan, kalian bisa kunjungi TopsellBelanja.com untuk mendapatkan kulkas terbaik dengan klik di sini. Kalian juga bisa pilih pembelian dengan COD++ untuk bisa menikmati layanan gratis ongkir dan juga kredit lho!

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Baca artikel terkait

Promo Terkini!