Aplikasi Strava : Rahasia Lari Sekelas Atlet

Aplikasi Strava : Rahasia Lari Sekelas Atlet

Aplikasi Strava : Rahasia Lari Sekelas Atlet – Aplikasi lari yang mudah digunakan sudah lama menjamur di Google Play Store atau Apple Store. Namun di akhir-akhir ini saja, aplikasi-aplikasi tersebut dibicarakan dan banyak yang share hasil record dari kegiatannya berolahraga.

Ini semua tidak lepas dari gaya hidup kita yang mulai berubah karena wabah Corona. Karena wabah ini juga, banyak hajatan olahraga yang harus dibatalkan dan dilakukan secara virtual menggunakan sebuah aplikasi ini.

Yak, salah satu aplikasi lari yang banyak dipakai untuk berkompetisi secara virtual adalah Strava. Tidak hanya para atlet namun para pemula juga bisa menggunakan aplikasi ini dan berkompetisi dimanapun.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan olahraga berlari, kamu wajib mengenal lebih jauh tentang fitur-fitur Strava agar mudah menggunakannya dan bisa lari seperti atlet lari lakukan. Dengan begitu aktivitas olahragamu bisa terukur dan kamu bisa mengevaluasinya. Apakah aktivitas olahraga yang sudah kamu lakukan itu perlu di tingkatkan atau cukup dipertahankan saja?

Nah sebelumnya, kamu harus tau dulu keunggulan dari aplikasi lari ini. Kenapa aplikasi Strava begitu recommended banget buat kamu yang suka lari?

Selain itu, kamu juga perlu tau tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Yuk simak di pembahasan artikel berikut ini!

Keunggulan Strava

Aplikasi Strava : Rahasia Lari Sekelas Atlet

Aplikasi Strava memiliki keunggulan yang harus kamu tau bila dibandingkan dengan aplikasi lari lainnya. Diantaranya adalah :

  • Aplikasi ini mempunyai fitur challenge. Dengan fitur ini kamu bisa mengikuti even lomba lari yang diadakan oleh suatu komunitas tanpa harus datang ke tempat even itu diadakan.
  • Aplikasi ini memiliki fitur segmen. Kamu akan mendapatkan rekomendasi rute di fitur ini, dan pada setiap segmen akan ada King atau Queen yang mendapatkan Trophy karena berhasil menjadi nomor satu di segmen tersebut
  • Terdapat fitur Baccon. Di fitur ini, kamu tidak perlu khawatir untuk nyasar ataupun menghilang di rute lari yang tidak kamu kenal. Jika kamu aktifkan fitur ini, keberadaanmu bisa tertandai dan bisa dilacak oleh orang lain.
  • Aplikasi ini akan menjadi asisten latihan olahragamu. Karena dengan aplikasi lari ini, kamu bisa melihat catatan progresmu saat berlari dari hari ke hari maupun bulan ke bulan. Sehingga disitu kamu bisa mengevaluasi latihanmu. Apalagi jika aplikasi ini kamu hubungkan ke smartwatch, maka kamu bisa mengukur kondisi kesehatnmu juga melalui heart rate yang tercatat di smartwatch.

Install dan Register Aplikasi Strava

Sama seperti aplikasi lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi ini jika sudah memasang di ponselmu ya. Untuk install aplikasi ini cukup mudah kok. Hampir sama seperti aplikasi yang lain.

Kamu akan diminta untuk menuliskan nama depan dan belakangmu, umur, email, dan nomor telepon. Namun jika kamu malas untuk menuliskannya, kamu bisa saja langsung daftar dengan menggunakan identitas aplikasi facebook yang sudah kamu punya. kamu bisa langsung mencobanya dengan mengunjungi link aplikasi Strava untuk pengguna ponsel android atau aplikasi Strava untuk pengguna iOS

Cara Instal dan Register Apliaksi Strava

Tidak membutuhkan waktu lama untuk install dan registrasi aplikasi ini. Asalkan jaringan ponsel dan RAM yang tersedia di ponselmu mumpuni. Jadi kamu harus pastikan terlebih dahulu kedua syarat tersebut ya, Sob!

Kenali fungsi fitur-fitur Strava dan Cara Menggunakannya

Jika kamu sudah berada di step ini, saya ucapkan “selamat” kamu sudah berhasil untuk menginstal aplikasi Strava.

Selanjutnya, di tahap ini kamu harus mengetahui nih fitur-fitur apa saja yang terdapat di Strava. Ibaratkan naik sepeda, kamu harus mengetahui dulu fungsi dari masing-masing bagian sepeda agar mudah ketika mengendarainya.

Nah, ketika kamu membuka aplikasi Strava, kamu akan menemukan beberapa menu di bawah yang bisa kamu pilih. Menu apa aja itu? Dan apa aja fungsinya?

# Feed

Buat kamu yang baru pertama kali memakai aplikasi olahraga lari dan sepeda ini, kamu akan masuk di menu feed. Lalu kamu akan ditawarin untuk menghubungkan Strava dengan smartwatch atau dengan computer, mulai mencoba merekam rute yang sudah kamu lewati dengan aplikasi ini atau mempelajari lebih lanjut tentang beberapa hal yang tidak ingin orang lain mengetahui tentang kegiatanmu.

Namun setelah beberapa kali menggunakan, di menu feed ini kamu bisa melihat pengguna Strava lain yang kamu ikutin. Seperti di menu home pada Instagram. Sehingga hal tersebut bisa membuatmu lebih termotivasi lagi dalam melakukan kegiatan olahragamu setelah melihat postingan orang-orang yang kamu ikutin telah berhasil mencapai jarak tertentu.

Aplikasi Strava : Aplikasi Lari yang Akurat dan Bikin Sehat

# Explore

Di menu ini kamu akan menemui banyak pilihan menu seperti routes, challenges, club, dan segment yang akan dibahas dibawah ini:

Routes

Jika kamu masuk menu ini, kamu akan diberikan rekomendasi rute lari terbaik yang ada disekitarmu dan juga kamu bisa membuat rute sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan.

Challenges

Di sini kamu akan menemukan bermacam-macam even kompetisi yang bisa kamu ikuti dengan pengguna lain dan berkesempatan mendapatkan reward.

Seperti yang kamu tau bahwa saat ini banyak even olahraga lari yang dibatalkan karena wabah covid-19. Sehingga dengan fitur Strava ini, even tersebut dapat tetap jalan meskipun secara virtual.

Club

Berolahraga bersama-sama tentu akan lebih menyenangkan ya, Sob. Jarak yang jauh saat berlari seolah tidak terasa jika dilakukan bersama kawan atau komunitas.

Dengan fitur ini kamu bisa bergabung dengan komunitas lari yang terdekat dengan posisimu sekarang. Jadi kamu bisa tuh bergabung dengan mereka dan melakukan olahraga bersama-sama. Siapa tau juga nanti ketemu jodoh? 😆

Aplikasi Strava : Aplikasi Lari yang Akurat dan Bikin Sehat

Segments

Dengan fitur ini kamu akan memukan beberapa segmen rute menarik yang dibuat oleh komunitas. Kamu juga bisa melihat jarak dan kecepatan yang telah diraih oleh orang lain pada rute yang telah dibuat tersebut, siapa yang menjadi king atau queen di segmen tersebut. Sehingga kita bisa termotivasi untuk mengalahkan mereka agar mendapatkan trophy dalam suatu segment tertentu.

Menu segment pada aplikasi Strava

# Record

Nah di menu ini kamu mulai untuk merecord perjalanan kegiatan berolahragamu. Kamu bisa tap icon sepatu dan kamu bisa memilih jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Mau bersepeda, berlari, berjalan, atau yang lainnya. Setelah itu kamu tap start dan Strava sudah mulai merekam kegiatan berolahragamu.

Aplikasi Strava : Aplikasi Lari yang Akurat dan Bikin Sehat

Di fitur ini kamu bisa melihat beberapa fungsi aplikasi strava seperti mengetahui jarak yang sudah kamu tempuh, kecepatan rata-ratamu berapa, dan mengetahui posisi kita dimana jika dilihat dari map.

# Profile

Kamu juga bisa mengatur profil kamu disini seperti mengatur profil di sebuah media sosial loh.

Di profil ini kamu juga bisa melihat hasil latihanmu di hari kemarin, hasil latihan selama satu minggu, bahkan selama satu tahun. Sehingga kamu bisa mengambil kesimpulan dari hasil latihanmu selama ini. Apakah kamu berhasil atau coba lagi?

# Training

Sayangnya menu ini hanya ada di Strava Summit atau Strava Premium aja ya, Sob. Tapi tenang aja, kamu tetap bisa merasakan fitur ini saat pertama kali menginstallnya dalam mode trial selama satu bulan.

Di fitur ini kamu juga bisa loh mengatur goal dari latihan olahragamu sendiri. Misalkan kamu pilih lari. Kemudian kamu bisa menentukan jauhnya jarak yang bisa kamu tempuh saat lari selama satu minggu, satu bulan, ataupun satu tahun.

Kamu juga bisa membandingkan latihanmu sekarang dengan beberapa waktu yang lalu, melihat progress dari latihanmu, dan bisa mengevaluasi latihan kegiatan training berlarimu. Apakah sudah baik atau perlu diperbaiki lagi.

Melihat Hasil dari Olahraga Lari Menggunakan Strava

Setelah kamu bersepeda atau berlari dan sudah selesai kamu klik tombol finish, coba kamu beralih ke menu profile lalu activity.

Di menu activity tersebut kamu pilih aktivitas olahragamu yang ingin kamu lihat. Setelah itu kamu bisa melihat tampilan seperti ini.

Dari gambar tersebut, kamu bisa melihat berapa jarak yang kamu tempuh, berapa waktu yang kamu butuhkan, kecepatan rata-rata, elevation gain (total tinggi tanjakkan), kecepatan maksimal yang kamu gunakan saat bersepeda atau berlari, dan maksimal tanjakan yang bisa kamu lalui.

Dan jika kamu klik View Analysis kamu akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini.

Aplikasi Strava : Aplikasi Lari yang Akurat dan Bikin Sehat

Disarankan agar kamu memakai smartwatch dan dihubungkan dengan aplikasi ini ya, Sob. Karena dengan begitu, Strava akan menampilkan hasil yang lebih akurat lagi tentang keadaan kebugaran tubuhmu yang diukur dari detak jantung.

Okay, cukup sekian ya sob penjelasan aplikasi lari yang bagus ini. Semoga dengan artikel ini kamu bisa terbantu untuk menggunakan aplikasi Strava dengan lebih mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba!

 576 total views,  5 views today