Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

5 Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Daftar Isi

Kamu pasti pernah suatu kali merasa ingin menyembunyikan status “Online” whatsapp agar tidak diketahui oleh orang-orang tertentu. Entah karena tidak nyaman, tidak ingin diganggu, tidak enak untuk mengatakan bahwa kamu nggak ingin chatting sama dia, atau takut ditanya “Kamu kok nggak balas sih? Padahal aku chat pas kamu online loh”. Bener nggak?

Rasanya kamu ingin sekali menjaga privasimu itu dengan menyembunyikan status “Online” di whatsapp, agar kamu bisa bebas membuka aplikasi whatsapp tanpa diketahui oleh orang lain. Tapi caranya bagaimana ya?

Nah, biar kamu bisa membuka pesan yang ada whatsapp tanpa ketahuan sedang online, yuk ikuti cara menyembunyikan status “online” di whatsapp berikut:

Cara Pertama: Non-aktifkan Last Seen

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan fitur Last Seen kan? Fitur ini terdapat di bawah nama kontak seseorang yang sedang chatting dengan kamu. Fungsi fitur ini untuk memberitahukan sang pengirim kapan terakhir kali penerima pesan membuka aplikasi whatsapp nya.

Jika kamu ingin privasi kamu tidak banyak yang tau dan ingin mengelabuhi seseorang yang tidak ingin kamu ajak chatting, lebih baik kamu non-aktifkan saja fitur last seen yang ada di whatsapp. Dengan begitu orang lain tidak akan tau, kapan terakhir kali kamu membuka whatsapp dan mereka akan mengira bahwa kamu sedang sibuk dan tidak sempat membalas WA. Iya iya aku tau, trus caranya bagaimana?

1) Pastikan kamu sudah membuka aplikasi whatsapp bukan TikTok 😀
2) Lalu tap icon tiga titik dipojok kanan-atas
3) Pilih menu setting atau setelan
4) Pilih menu Account atau Akun
5) Lalu pilih privasi atau privacy. Kemudian pilih “tidak ada”

Namun kamu juga harus tau, dengan mematikan fitur ini, kamu juga tidak bisa mengetahui kapan orang lain terakhir kali membuka whatsapp-nya. Jadi jika sudah memutuskan mematikan fitur ini, kamu juga harus mematikan kekepoanmu juga 😀

Meski demikian hal tersebut tidak seratus persen bisa membuatmu “aman” dari pertanyaan “kok chatku nggak dibalas?” 😀 . Karena bisa aja ada kejadian kamu dan orang lain lagi online berbarengan. Apalagi jika kamu tidak mematikan fitur centang biru, tentu saja akan membuat orang lain akan bertanya-tanya dan salah paham dengan pesannya yang tidak kamu balas.

Jadi kalo kamu mematikan fitur last seen, fitur centang birunya bisa kamu non-aktifkan sekalian

Cara kedua: Non-aktifkan Tanda Centang Biru

Cara kedua menyembunyikan status online whatsapp adalah mematikan fitur ini, kamu akan sedikit lebih aman dari pertanyaan kok chatku nggak dibalas? :D. Karena orang lain tidak akan tau jika pesannya sudah kamu baca.

Cara menon-aktifkan fitur ini begini nih:

tap icon tiga titik dipojok kanan-atas –> Akun –> Privasi –> Laporan Dibaca (dimatikan)

Orang lain tidak mengetahui pesannya sudah kamu baca apa belum, kamupun juga tidak tau pesanmu sudah dibaca apa belum. Kamupun tidak akan tau siapa aja yasudah meliat statusmu Jadi impas :D.

Cara Ketiga: Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat

Nah cara ketiga ini bisa melengkapi kedua cara diatas loh. Jadi ketika ada notifikasi pesan whatsapp masuk, jangan terburu-buru untuk membuka aplikasi terlebih dahulu. Lebih baik kamu aktifkan dulu mode pesawat. Setelah itu baru buka pesan whatsapp yang mampir ke ponselmu.

Orang lain tidak akan tau bahwa kamu sedang membuka aplikasi whatsapp dan sedang membaca pesan yang sudah masuk. Setelah pesan yang masuk sudah kamu baca dan ada pesan balasan yang harus kamu kirimkan, kamu non-aktifkan lagi mode pesawat agar pesan balasan dari kamu itu terkirim tanpa ada tulisan “Online” yang cukup lama.

Cara Keempat: Sembunyikan Status Whatsapp dari…

Agar orang lain berpikir bahwa kamu begitu sibuk dan tidak sempat untuk membuat status juga, lebih baik kamu sembunyikan statusmu dari orang-orang yang tidak kamu kehendaki untuk tau tentang dirimu. Fitur ini juga memberikanmu pilihan untuk tidak memperlihatkan statusmu ke semua orang atau orang-orang tertentu. Cara ini juga untuk menyembunyikan status online whatsapp

Setelah semua cara di atas sudah kamu terapkan, sekarang terapkan juga cara yang ini. Begini nih langkahnya:

tap icon tiga titik dipojok kanan-atas –> Akun –> Privasi –> Status –> kamu pilih salah satu diantara 3 pilihan tersebut.

Jika memilih “Kontak Saya”, berarti semua kontak whatsapp yang kamu simpan tidak dapat melihat statusmu. Memilih “kontak saya kecuali…” berarti ada beberapa orang di kontak whatsapp mu yang tidak kamu inginkan untuk mengetahui status whatsappmu. Sedangkan jika memilih “Hanya Bagikan Dengan..” ada beberapa orang yang kamu hendaki untuk melihat statusmu.

Cara Kelima: Menyembunyikan Status Orang Lain

Nah, cara ini akan lebih menyempurnakan penyamaranmu dengan menyembunyikan status online di whatsapp agar terlihat tidak aktif di whatsapp. Karena selain kamu terlihat tidak pernah membuat status, kamu juga tidak pernah melihat statusnya dia (orang yang nggak ingin kamu lupakan) 😀 . Jadi kontakmu tidak akan terlihat di daftar nama yang melihat statusnya dia. Caranya:

Buka menu status di Whatsapp –> tap sedikit lama status yang tidak ingin kamu lihat –> Bisukan

Cara Keenam: Instal aplikasi WhatsRemoved+

Aplikasi Whasremoved+

Ini adalah cara penyamaran yang paling terakhir. Setelah kamu menggunakan semua cara diatas. Kamu bisa menggunakan aplikasi Whasappremoved+

Aplikasi ini akan membantumu untuk melihat pesan whatsapp yang masuk secara bebas dan tanpa ada keterangan “online” muncul. Jadi sebelum kamu membuka aplikasi whatsapp, lebih baik buka aplikasi ini terlebih dahulu untuk membaca pesan-pesan yang telah masuk. Jika kamu ingin membalas salah satu pesan tersebut, gunakan cara yang ketiga. 

Oh ya untuk instal aplikasi whatsapp removed+ dan aplikasi lainnya yang berhubungan dengan whatsapp, kamu butuh ponsel dengan RAM dan memori internal yang agak besar. Jadi mending sebelum instal aplikasi-aplikasi seperti itu kamu pertimbangkan lagi. Namun, jika kamu memang sangat butuh aplikasi tersebut dan ingin ganti HP, ini nih ada rekomendasi HP dengan RAM dan memori internal yang besar tapi harganya miring. Klik aja disini ya

Meski demikian aplikasi ini juga tidak akan menjamin keamanan data kamu. Jadi lebih baik tidak perlu untuk menginstal aplikasi ini.

Kamu bisa saja menggunakan cara-cara diatas agara lebih aman meski harus sedikit ribet dengan on/off mode pesawat 😀

Sebenarnya fitur-fitur tersebut diciptakan whatsapp untuk menumbuhkan keterbukaan antara pengirim dan penerima. Sehingga tumbuh rasa trust tanpa ada kecemasan atau keraguan. Karena satu sama lain bisa melihat, apakah pesannya sudah dibaca apa belum, status yang dipasang siapa aja yang melihat, dan bisa melihat kapan terakhir si penerima pesan membuka aplikasi whatsappnya.

Namun semakin hari, banyak orang yang merasa privasinya ingin dijaga. Sehingga whatsapp pun berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lama-lama nanti bisa seperti SMS-an 😀

Ya, untuk membatasi keterbukaan privasi adalah pilihan masing-masing. Namun alangkah lebih baiknya, agar mengkomunikasikan secara baik-baik ke seseorang yang kita anggap terlalu mengganggu. Agar saling mengerti dan tidak perlu repot-repot untuk saling menyembunyikan satu hal diantara yang lain. Lagi pula langkah diatas tidak bisa menghilangkan tulisan “online” loh ya. Hanya bisa untuk meminimalisir adanya status “Online”.

Semoga informasi menyembunyikan status online whatsapp diatas bisa membantumu dan bermanfaat. Jangan lupa di coba sarannya ya

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Baca artikel terkait

Promo Terkini!