Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

HP Mati Sendiri? Ternyata Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasi

HP Mati Sendiri Atasi 5 Penyebab Ini dengan Cepat!

Daftar Isi

Sebagaimana fungsi HP yang membantu aktivitas sehari-hari juga cukup memberikan hiburan bagi para penggunanya. Hingga akhirnya muncul beberapa masalah pada HP salah satunya hp mati sendiri. Hal ini tentu menjadi situasi yang menyebalkan dan menghambat aktivitas komunikasi. Berikut 5 penyebab dan cara mengatasi HPmu yang tiba-tiba mati sendiri.

1. Penyetelan Ulang Internal Perangkat

Penyebab pertama yang dapat membuat HP mati sendiri adalah pengaturan ulang internal. Sebab, sistem terkadang tiba-tiba mati setelah lama digunakan untuk memuat ulang memorinya dan hal tersebut suatu hal yang masih normal dan tidak membahayakan HPmu.

Cara mengatasinya yakni dengan sesekali me-restart perangkat HPmu setelah menggunakannya selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi. Sehingga, hal ini akan membantu membuat perangkat HPmu akan berjalan dengan lancar juga.

2. HP Mati Sendiri Akibat Baterai Rusak

Seperti yang kita tahu bahwa baterai adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah HP. Hal paling pertama yang harus diperhatikan apakah HP mati sendiri disebabkan oleh baterai yang rusak. Dalam situasi di mana arus baterai tidak mencukupi, hal ini dapat memicu HP mati sendiri.

Salah satu solusi untuk itu adalah mengisi daya HP kamu karena mungkin baterai HPmu masih lemah. Cukup ambil kabel USB dan pengisi daya bata, colokkan bata ke soket dan biarkan perangkat terisi daya selama beberapa jam dan periksa apakah HP bisa aktif dan berfungsi dengan baik.

Jika ponsel kamu masih tidak berfungsi dengan baik, itu berarti masalah yang lebih besar sedang ada di depan mata. Baterai HPmu mungkin rusak dan kamu perlu membawanya ke Service Center agar dilakukan pemeriksaan lanjut dan pergantian baterai yang sesuai. Jangan mencoba membongkar baterai internal sendiri karena dapat menyebabkan kehancuran seluruh perangkat.

3. Penggunaan CPU yang Tinggi

CPU pada HP memang mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan daya tinggi dalam jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membutuhkan CPU untuk mengatur ulang yang dapat membuat HP mati sendiri secara otomatis.

Jika kamu mengalami hal seperti ini setelah baru menginstal aplikasi baru, kamu bisa mencoba untuk mencopot pemasangan aplikasi dan memulai ulang HPmu untuk memastikan apakah itu penyebab masalahnya. Atau, kamu bisa coba dengan membekukan beberapa aplikasi di HPmu satu per satu dan memulai ulang HPmu untuk memastikan hal apakah apakah yang dapat membantu masalahnya hilang.

4. Tombol Power On & Off Rusak

Jika kamu sudah mencoba salah satu dari perbaikan di atas dan HPmu tetap mati dengan sendirinya, kamu harus coba melanjutkan untuk memeriksa tombol daya perangkat keras. Biasanya, sebagian besar HP dirancang untuk memulai ulang setelah 8-10 detik menahan tombol daya. Oleh karena itu, tombol daya yang tidak berfungsi dapat memicu HPmu untuk sering restart atau mati secara otomatis.

Untuk menghilangkannya, pertama-tama lepaskan casing HP terlebih dahulu (jika kamu menggunakan pelindung HP). Lalu, periksa apakah casing tersebut menyebabkan tombol daya menjadi tertahan. Jika tombol powernya benar-benar rusak, bawa ke Service Center resmi untuk dilakukan pengecekan dan ganti agar HPmu dapat berfungsi kembali. Kamu bisa langsung menghubungi Service Center Resmi kami pada Tombol WhatsApp berikut ini.

5. HP Mati Sendiri Akibat Memori HP Penuh

Penggunaan game dengan kapasitas besar atau memori yang tidak mencukupi untuk menjalankan operasi juga dapat menyebabkan HP mati sendiri secara otomatis. Jika kamu sedang mengalami HP mati sendiri setelah memainkan game berat atau menjalankan beberapa aplikasi, coba batasi jumlah aplikasi yang sedang berjalan pada satu waktu agar perangkat tetap berjalan dengan lancar.

Kamu juga bisa coba lakukan cara lain dengan menghapus aplikasi terbaru untuk mengurangi memori yang terlalu penuh. Setelah itu, coba biarkan ponsel beristirahat selama beberapa jam sebelum digunakan kembali.

Jika beberapa penyebab dan solusi di atas sudah kamu coba dan HP masih mati, kamu harus membawanya ke Service Center terpercaya. Sehingga kamu akan segera tahu apa yang bermasalah pada perangkatmu dan dapat teratasi dengan cara yang tepat.

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Promo Terkini!

 


 

Cart
  • No products in the cart.