Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Manfaat Smartwatch Saat Bersepeda Sebelum Sakit

manfaat smartwatch saat bersepeda untuk kesehatan

Daftar Isi

Manfaat Smartwatch Saat Bersepeda Sebelum Sakit! – Bersepeda merupakan olahraga pilihan banyak orang saat ini. Tidak hanya membuat badan bugar, namun juga menyenangkan. Bahkan menurut WHO, bersepeda merupakan salah satu olahraga diluar yang saat ini paling aman untuk dilakukan jika berada ditempat yang tidak begitu ramai. Jika demikian, kamu juga akan menemukan manfaat smartwatch saat bersepeda untuk kesehatan ketika melakukan hal tersebut.

Apalagi pandemi yang saat ini terjadi dan tanpa bisa diprediksi kapan berakhirnya. Angka-angka korban pandemi juga semakin hari semakin naik. Sedangkan kegiatan dirumah yang terus-terusan akan membuat bosan, stress, dan menurunkan imun

Bersepeda di pagi hari ataupun sore ditempat yang tidak begitu ramai dapat dijadikan alternatif saat ini. Namun alangkah lebih baiknya jika kamu memakai smartwatch saat bersepeda. Tidak hanya akan tampil lebih stylish, kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya.

Smartwatch saat ini sudah banyak yang harganya terjangkau. Sehingga tidak menjadi alasan untukmu tidak memilikinya. Karena smartwatch atau smartband benar-benar direkomendasikan untukmu yang selalu sibuk dan sering mengabaikan kesehatan.

Biar makin greget lagi untuk memiliki smartwatch, yuk ketahui alasan penting kenapa kamu harus memakai smartwatch saat bersepeda!

Smartwatch akan memberi tau hasil dari kegiatan bersepeda

Pada saat anda bersepeda ataupun melakukan olahraga lain, tentu anda akan bertanya-tanya apa efek olahraga yang anda lakukan terhadap tubuh anda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita membutuhkan smartwatch atau smartband yang dapat memberikan informasi kepada kita tentang hasil dari kegiatan bersepeda kita, berupa :

1# Mengetahui detak jantung

Jantung merupakan salah satu the important part of our life. Bisa dibilang jantung merupakan salah satu nyawa dari diri kita. Jika jantung berhenti berdetak, maka hidup kitapun berhenti.

Detak jantung pun bisa menjadi indikasi untuk kita menilai kondisi badan kita. Orang yang stress, mempunyai detak jantung yang cepat dan bekerja lebih ekstra untuk memenuhi kebutuhan badan kita.

Manfaat smartwatch

Standar detak jantung untuk anak-anak 10 tahun ke atas, orang dewasa, dan manula adalah 60-100 bpm. Sedangkan untuk atlet terlatih 40-60.

Beat Per Minute (bpm) maksimal bisa dihitung dari 220 โ€“ umur saat ini. Jadi ketika kamu melakukan aktivitas berat, jangan sampai detak jantungmu mencapai jumlah tersebut ya.

Oleh karena itu, pada saat bersepeda penting untukmu mengetahui detak jantungmu. Apakah intensitas detak jantungmu sudah sesuai target? Apakah kamu perlu bersitirahat sejenak? Atau apakah kamu perlu untuk lebih menggenjot kayuhan sepedamu?

Contoh kasus:

Usiamu saat ini adalah 20 tahun. Berarti HRM (Heart Rate Maximum) kamu adalah 220 โ€“ 20 = 200 . Jadi detak jantung maksimum kamu adalah 200 bpm.

Ketika kamu melakukan aktivitas ringan, makan rata-rata heart rate kamu seharusnya adalah 50 โ€“ 69% dari HRM mu. Maka denyut jantung normal rata-ratamu pada saat beraktivitas biasa seharusnya adalah kisaran 100-138 bpm

Sedangkan ketika kamu melakukan aktivitas yang berat, seperti bersepeda rata-rata detak jantungmu seharusnya 70%-89% dari HRM. Diusiamu yang 20 tahun maka detak jantungmu ketika melakukan aktivitas yang berat seharusnya berkisar 140-179 bpm.

Nah dari rumus tersebut kamu sudah mendapatkan gambaran ya, bagaimana memperkirakan detak jantung yang normal sesuai dengan usiamu.

Hal tersebut akan sangat penting loh ketika kamu bersepeda. Agar kamu bisa mengontrol detak jantungmu, kapan saat mengayuh sepeda dengan cepat kapan harus beristirahat.

Oleh karena itu sebelum bersepeda kamu harus mengetahui rata-rata normal detak jantungmu dan jangan lupa memakai smartwatch agar pemantauannya lebih mudah. Nah, ini juga yang dimaksud dengan manfaat smartwatch saat bersepeda untuk kesehatan.

#2 Mengetahui kalori yang terbakar

Manfaat ini akan sangat penting untuk kamu yang sedang melakukan olahraga bersepeda untuk diet. Tentu saja kamu perlu mengetahui dan mengontrol berapa tepatnya kalorimu yang terbakar.

manfaat smartwatch untuk kesehatan

Karena hal ini akan memberi taumu apakah target pembakaran kalorimu tercapai atau belum di tiap periode tertentu.

Maka, lagi-lagi memakai smartwatch sangat dianjurkan untuk ini. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot lagi mengukur kalorimu dari makanan yang kamu makan.

Oh ya, alangkah lebih baiknya jika smartwatch yang kamu pakai disambungkan aplikasi kebugaran lainnya.

smartwatch untuk pesepeda

Di aplikasi tersebut akan tercatat histori bersepedamu. Mulai dari jarak yang kamu tempuh, waktu yang kamu butuhkan, bahkan jumlah kalori yang terbakar. Sehingga kamu bisa memutuskan untuk menambah atau mengurangi intensitas bersepedamu. Jadi manfaat smartwatch saat bersepeda untuk kesehatan akan lebih optimal

klik link berikut untuk mendapatkan aplikasi bersepeda yang akan merecord hasil olahragamu:

Smartwatch membantu menjaga komunikasi dengan rekan kerjam

Smartwatch sekarang begitu banyak fitur yang dibawanya. Seperti memberi notifikasi pesan yang masuk melalui media sosialmu atau panggilan masuk.

Dengan fitur ini kamu tidak perlu sering-sering cek ponselmu ketika berolahraga. Sehingga meskipun sibuk, kamu tetap bisa mengontrol kesibukanmu itu dengan tetap berolahraga.

manfaat memakai smartwatch saat bersepeda

Bahkan ada pula smartwatch yang kini bisa menerima panggilan masuk dan tidak hanya menerima notifikasi saja. Tentu saja hal ini sangat membantu menjaga komunikasi ditengah kesibukanmu.
Bagaimana? Sudah seperti asisten olahraga pribadi ya

Membantumu memantau GPS

Bersepeda akan tetap seru, jika kamu tidak nyasar dan bisa kembali pulang ๐Ÿ˜†

Maka memakai GPS sangat penting ya saat kamu bersepeda. Apalagi bersepeda dengan jarak jauh, petunjuk arah pasti sangat dibutuhkan.
Tapi kalo pakai peta ataupun map digital di ponsel, akan sangat merepotkan. Kamu juga tidak bisa fokus dijalan sehingga keselamatan dan kenyamananmu pasti akan terganggu

Jika kamu memakai smartwatch hal itu tidak akan terjadi lagi. Karena map yang ada dipergelangan tanganmu dengan mudah kamu lirik dan lihat.

Bahkan kamu juga bisa merekam rute yang sudah kamu lalui melalui smartwatch ini loh. Sehingga kamu tau berapa jarak yang sudah kamu tempuh dan butuh waktu berapa lama untuk menempuh jarak tersebut

Terlihat lebih stylish dan sporty

Sebagai asisten pribadi saat berolahraga, smartwatch yang kamu pakai juga membuatmu tampil lebih stylish dan sporty loh.

manfaat smartwatch untuk kesehatan

Sehingga hal ini akan membuatmu menjadi lebih bersemangat, lebih PD, dan tentunya terlihat lebih professional dalam berolahraga dari pada ketika kamu berolahraga tidak mengenakan smartwatch.

Nggak percaya? Coba deh buktikan sendiri hal ini! Karena saya sudah merasakan perasaan yang beda ketika berolahraga menggunakan smartwatch dan ketika tidak menggunakannya ๐Ÿ˜

Bikin Seru dengan Music Control Fitur

apa anfaat smartwatch?

Bersepeda sambil mendengarkan musik. Ganti-ganti lagu tinggal geser-geser aja pada smartwatch di pergelangan tangan. Tidak perlu harus mengeluarkan ponsel.

Bayangin aja udah bikin semangat dan cepat-cepat pengen bersepeda! Udah gitu smartwatch sekarang sudah banyak yang disertai dengan music control fitur.

Jadi kesimpulannya, memakai smartwatch itu sangat penting. Entah pada saat kamu berolahraga atau sedang melakukan rutinitas. Karena kamu sebenarnya sangat butuh sekali fitur heart rate yang dibawanya untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mentalmu lebih awal. Kalo seperti itu, pakai smartband juga bisa dong?

Yups, itu jawaban yang benar banget. Namun kalo kamu pakai smartwatch, manfaat-manfaat diatas lainnya bisa kamu dapatkan secara langkap ketimbang pakai smartband dan bersepedamu dipagi maupun sore hari bakalan semakin seru, Sob.

Okay mungkin itu saja nih tulisan tentang Alasan Memakai Smartwatch Saat Bersepeda. Apa kamu punya pendapat lain tentang manfaat smartwatch saat bersepeda untuk kesehatan? Atau cerita terkait smartwatch yang berkesan buat kamu? Tulis di kolom komentar ya. Sharing is Caring ๐Ÿ˜‰

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Baca artikel terkait

Promo Terkini!