Mencegah Penyakit Jantung Ternyata Semudah dan Semurah Ini!

topsellbelanja.com — Mencegah penyakit jantung ternyata semudah dan semurah ini – Kamu mempunyai jantung cuma satu. Jika jantungmu bermasalah, tentu badan kamu juga akan bermasalah. Karena jantunglah yang bertanggungjawab besar terhadap aliran darah keseluruh tubuh.

Aliran darah sendiri itu membawa berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan badanmu. Kamu bisa menggerakkan kaki, tangan, punya energi untuk bergerak kesana-sini, dan bisa merasakan berbagai enaknya masakan, disebabkan karena nutrisi yang didapat tubuhmu itu tercukupi.

Tapi taukah kamu, stress, banyak pikiran, mager, merokok, dan banyak makan makanan yang berlemak yang kamu lakukan saat ini berpengaruh besar terhadap kesehatan jantungmu. Stress yang kamu alami juga akan memicu tekanan darah meningkat, sehingga akan memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras lagi.

Nah untuk meminimalisir hal buruk tersebut terjadi, yuk simak artikel yang berjudul Mencegah Penyakit Jantung Ternyata Semudah dan Semurah Ini!

  1. Meditasi

Jika dilihat secara kasat mata, meditasi seperti bukan olahraga karena hanya berdiam diri. Namun faktanya, kegiatan ini memiliki efek yang luar biasa terhadap jantung.

Menurut riset, orang yang berumur 40 tahunan keatas beresiko rendah terkena serangan jantung.

Meditasi bisa kamu lakukan di sebuah tempat yang cukup tenang. Namun, jika kamu tegang dan dalam ruangan yang cukup berisik, kamu bisa melakukannya dengan memutar musik instrumental yang menenangkan sambil mengatur nafas.

Mulailah dengan memposisikan dirimu senyaman mungkin, menarik nafas pelan, tahan beberapa saat, dan keluarkan melalui mulut perlahan sambil merasaka setiap nafas yang kamu lepaskan. Ulangi kegiatan tersebut beberapa kali.

Meditasi ini akan mengatur proses pernafasanmu menjadi teratur, pikiran yang dilepaskan membuat tenang, otot-otot yang tegang akan mengendur, dan tentunya perasaanmu yang cemas, tertekan, ataupun gugup akan lebih tenang.

Aktivitas ini adalah aktivitas yang tidak hanya murah dan mudah, namun juga aktivitas yang paling ringan untuk menjaga jantung kamu tetap sehat. Kamu bisa melakukannya setiap pagi sebelum memulai hari.

  2. Angkat Beban Berat

Mengangkat beban berat seperti barbel ternyata bisa mencegah penyakit jantung. Dengan melakukannya 30-40 menit setiap minggu, cukup untuk membuat jantungmu lebih sehat.

Hal tersebut dikarenakan, mengangkat beban berat tidak hanya melatih otot dan tulang namun juga membakar kalori yang menyebabkan resiko obesitas. Sehingga hal tersebut baik pula untuk jantungmu.

Kalori yang membentuk lemak berlebihan dan menumpuk di aliran darahmu akan terkurangi. Sehingga jantungmu tidak akan bekerja ekstra untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh.

  3. Berenang

Apa benar berenang dapat membantu Jantung lebih sehat? Bukannya renang tidak mengeluarkan keringat?

Kamu harus tau, berenang juga mengeluarkan keringat. Hanya saja keringat tersebut sudah tercampur dengan air sehingga badanmu terasa tidak berkeringat.

Jika kamu melakukannya secara continue 30 hari setiap hari, jantungmu akan lebih kuat dan aliran darah yang membawa nutrisi keseluruh tubuhmu juga lebih optimal.

  4. Bersepeda

Sejak pertengahan pandemi ini terjadi, banyak orang yang mengisolasi diri di rumah. Ditambah dengan aturan pemerintah yang menganjurkan untuk dirumah saja.

Namun, hingga detik ini pandemi juga tak kunjung usai. Tentu saja hal tersebut membuat orang bosan. Dirumah terus-terusan juga akan membuat stress dan mengurangi imun. Padahal untuk melawan pandemi ini, dibutuhkan imun tubuh yang kuat.

Banyak orang mulai mengakali kebosanan ini degan melakukan aktivitas diluar dengan berolahraga yang menyenangkan seperti bersepeda. Bersepeda tidak hanya akan membakar kalori, namun tubuh juga akan mengeluarkan hormone endorfin yang membuat hati senang.

Pasalnya bersepeda bisa menggerakkan badan perlahan dan menikmati kayuhan disetiap perjalanan. Di sepanjang perjalanan juga bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga menyegarkan. Hal-hal seperti inilah yang dapat mencegah penyakit jantung.

Bersepeda juga bisa dijadikan alternatif orang-orang disaat pandemi saat ini untuk berekreasi menghapus penat dan bosan yang disebabkan oleh banyaknya tempat wisata yang ditutup. Kegiatan tersebut tentu saja akan meregangkan otot, membuat jantung lebih kuat, membakar kalori, dan tentunya menjadikan linkungan lebih sehat tanpa polusi.

Nah, daripada bengong saja ketika weekend atau libur panjang saat ini, mending bersepeda dan melihat-lihat pemandangan sekitar. Siapa tau kamu dapat ide atau inspirasi membuat konten yang keren.

  5. Berlari

Sebuah riset membuktikan bahwa berlari setiap hari selama 10-15 menit dapat menurunkan kematian akibat serangan jantung dan stroke. Hal tersebut juga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Jika kamu tidak pernah melakukan olahraga ini, kamu bisa melatihnya secara bertahap. Seperti 10 menit terlebih dahulu setiap hari, setelah kamu rasa kakimu sudah cukup terbiasa dengan lari kecil, kamu bisa melanjutkan dengan lari berjarak jauh. Aktivitas yang terkadang menjadi pemandangan dipinggir jalan ini, tidak hanya dapat mencegah penyakit jantung yang mudah dan ringan, tapi bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jika kamu sudah biasa untuk melakukan aktivitas kecil untuk jantungmu ini, badanmu juga akan menghasilkan kolestrol yang baik, mengurangi resiko arteriosclerosis, trombosis, mengurangi hormone stress, melancarkan peredaran darah dan tentunya mencegah penyakit jantung.

Jadi semua olahraga lari mulai dari Jogging, marathon, sprint dan lain sebainya ini, adalah olahraga yang sangat direkomendasikan untukmu dalam menjaga kesehatan jantung. Asal jangan lari dari kenyataan ya ;D

  6. Mendaki

Mendaki ini tidak hanya membakar kalori dan baik untuk fisik badan, namun juga baik dalam melatih bersosialisasi dengan tim. Ketika di gunung, perasaan sabar, setia kawan, dan empati harus dimiliki oleh semua orang. Karena setiap individu mempunyai kekuatan yang berbeda ketika mendaki gunung.

Jika suatu tim dapat melewati rintangan dalam perjalanan dan berhasil mencapai puncak bersama, maka akan timbul rasa bangga dan senang. Dari sinilah hormone endorfin akan diproduksi lagi oleh tubuh untuk menciptakan rasa senang yang berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Namun perlu diingat, dari semua penjelasan olahraga untuk mencegah penyakit jantung, olahraga ini yang paling tidak mudah. Selain harus bisa menahan diri ketika bersam tim, kamu juga harus menyiapkan banyak hal sebelum mendaki gunung, dan tentunya dibutuhkan ongkos lebih untuk melakukannya. Olahraga ini juga tidak begitu direkomendasikan untuk manjadi aktivitas setiap waktu.

Kamu bisa memilih salah satu kegiatan di atas untuk menjaga jantung kamu tetap sehat.

Nah, kurang lebih seperti itulah artikel yang berjudul “Mencegah penyakit jantung ternyata semudah dan semurah ini” ini. Dari ulasan diatas manakah olahraga yang akan kamu pilih untuk mencegah penyakit jantung? Share dikolom komentar dibawah ini ya! Jangan melalui surat yang dikirim pakai pos ;D. Nanti dikira surat cinta ;D

Ingat! Jantungmu cuma satu, jadi menjaganya adalah suatu kewajiban untuk kamu. Jika jantungmu sehat, maka badan kamu juga akan lebih bugar dan produktif untuk melakukan banyak hal. Karena otak sebagai “prosesor” tubuh manusia akan teraliri darah yang penuh nutrisi dengan cukup.

Oh ya, kamu perlu tau bahwa jantung yang sehat adalah jantung yang berdetak antara 60-100 per menit untuk orang biasa dalam aktivitas normal. Jadi jika jantungmu berdetak diatas atau sangat dibawah ukuran itu, padahal kamu bukan seoarang atlet atau jarang berolahraga, maka kondisi tubuhmu perlu dipertanyakan.

Biar lebih waspada dengan kondisi jantungmu yang mempenagruhi kondisi badanmu, alangkah lebih baiknya kamu memakai smartwatch untuk kegiatan sehari-sehari maupun ketika melakukan kegiatan diatas.

Smartwatch ini akan menunjukan intensitas detak jantungmu, jumlah langkahmu, menjadi asisten pribad untuk mengontrol informasi yang masuk di ponselmu, dan tentunya ada GPS untuk kegiatan outdormu juga.