Resep Cemilan Enak Menggunakan Rice Cooker

Resep Cemilan Enak Menggunakan Rice Cooker – Masa pandemi masih berlangsung, PSBB masih berlaku, dan kamu masih dirumah saja. Mau pergi ke mana-mana, masih saja dibatasi. Rebahan dan mainan HP tetap saja merasa bosan. Justru dengan kegiatan seperti itu, kuota semakin cepat terkuras, menambah bengkak budget, dan tentunya semakin membuat diri kita stress.

Daripada seperti itu terus-terusan, mending cobain deh resep masakan berikut. Buatnya tidak pakai ribet, rasanya enak, dan memasaknya bisa pakai rice cooker saja.

Apalagi jika kamu tinggal di kos. Wajib banget nyobain resep ini. Apa aja sih Resep Cemilan Enak Menggunakan Rice Cooker buat nemanin kamu stay di rumah atau betah di kos? Yuk cek artikel berikut!

Bolu Karamel

Kamu pernah merasakan jajanan ini? Biasanya orang-orang menyebut dengan sebutan Sarang Semut. Warnanya coklat tua, rasanya sedikit manis dan terasa seperti ada coklat-coklatnya. Cemilan ini akan semakin nikmat jika kamu menikmatinya dengan secangkir kopi atau coklat.

Daripada Cuma bayangin, mending yuk buat sendiri. Bahan dan caranya seperti dibawah ini:
Bahan:

  • 2 telur ayam
  • 4 sdm penuh tepung terigu
  • 2 sdm penuh tepung aci/sagu
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 gelas belimbing air
  • ½ sdt soda
  • 1 sct susu manis putih

Cara membuat Bolu Karamel:

  1. Masukkan 4 sdm gula pasir dan sedikit air kedalam magic com dan jangan lupa untuk switch tombol cooking pada magic com
  2. Setelah gula mencair. Sisihkan agar dingin
  3. Masukkan telur, susu SKM, 1 sdm gula putih, dan setengah bungkus vanili. Aduk hingga tercampur beberapa saat hingga tercampur rata
  4. Setelah adonan sudah tercampur rata, masukkan tepung terigu dan tepung aci sedikit demi sedikit dan diaduk rata
  5. Lelehkan margarin dalam rice cooker. Setelah meleleh taburkan sedikit tepung terigu kedalamnya lalu masukkan adonan sedikit demi sedikit kedalamnya dan aktifkan tombol cookingnya. Tunggu sampai hidangan matang ya

Lupis

Lupis ini makanan yang terbuat dari ketan dan biasanya di sandingkan dengan klanting. Rasanya dijamin enak. Gurihnya beras ketan dicampur dengan taburan kelapa parut dan lelehan gula aren. Hmmmm

Bayangin ya? Yuk angsung buat aja. Berikut bahan-bahannya:

  • 250g beras ketan
  • ½ cup santan kental
  • 2 cup air
  • Garam sesuai selera
  • Kelapa parut
  • Gula merah sesuai selera

Cara Membuat Lupis di Rice Cooker

  1. Kukus dulu kelapa parut yang dicampur dengan sedikit garam di dalam magic com. Caranya sudah tau kan ya? Kalau dikukus itu berarti dibawahnya dikasih air 😁
  2. Setelah itu lelehkan gula merah, garam, dan air secukupnya. Jika sudah matang sisihkan.
  3. Setelah kelapa parut sudah dikukus dan gula merah sudah dilelehkan. Sekarang masak beras ketan yang sudah dibersihkan seperti memasak nasi biasa
  4. Jika nasi ketan sudah matang, taruh dalam wadah yang datar. Padatkan dan tunggu hingga dingin
  5. Setelah itu taburi nasi ketan tersebut dengan parutan kelapa tadi dan gula merah yang telah dilelehkan
  6. Sepertinya lezat. Selamat mencoba

Cilok

Kalau jajanan yang ini nggak usah dijelasin lagi ya, Sob. Sepertinya kalian sudah sangat familiar dengan makanan yang banyak dijual dipinggir jalan ini. Tapi apakah kamu tau apa aja bahannya dan cara membuatnya? Yuk simak dan praktekin salah satu resep cemilan rice cooker yang enak ini ya!
Bahan:

  • 3 sdm tepung tapioka
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 batang daun bawang diiris-iris
  • 1 sdm bawang putih
  • Bubuk Garam sesuai selera
  • Merica bubuk
  • Kaldu jamur
  • Sambal kacang (bisa pakai sambal pecel yang sachet dan ditambahkan cabe sesuai selera)

Cara Membuat Cilok :

  1. Masukkan tepung terigu, tepung tapioca, dan irisan daun bawang dalam wadah
  2. Rebus air, kaldu jamur, merica bubuk, dan garam didalam rice cooker hingga mendidih
  3. Rebusan air yang telah mendidih itu, masukkan kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan berbentuk kalis
  4. Rebus air biasa hingga mendidih
  5. Bentuk adonan yang tadi sesuai kehendak hati. Mau bulat, lonjong, seperti bintang-bintang disurga dan seluruh warna…
  6. Masukkan adonan yang telah dibentuk-bentuk itu dalam air yang mendidih
  7. Tunggu sampai adonan tersebut mengapung. Dimana hal tersebut menandakan bahwa adonan telah matang
  8. Cairkan bumbu kacang
  9. Setelah adonan sudah matang, tuangkan bumbu kacang diatasnya
  10. Hmmm… jadi lapar. Buruan coba ya!

Kue Oreo Anti-Mainstream

Resep Cemilan Enak Menggunakan Rice Cooker

Apa yang kamu bayangkan setelah membaca nama makanan itu? Daripada membayangkan yang nggak jelas, mending langsung buat deh
Bahan:

  • 1 bungkus oreo kemasan 137 gram
  • Gula secukupnya
  • Coklat bubuk kemasan (misal chocolatos)
  • 1 butir telur

Cara membuatnya :

  1. Buka bungkus Oreo. Eits.. jangan di putar, dijilatin, dan dicelupin ya
  2. Pisahkan cream oreo dengan biskuitnya
  3. Hancurkan biscuit oreo dengan penuh dendam
  4. Kocok telur dalam wadah yang lain lalu tambahakan gula secukupnya. Kocok lagi hingga benar-benar tercampur rata
  5. Masukkan oreo yang sudah hancur lebur itu kedalam adonan telur. Aduk hingga tercampur rata
  6. Panaskan rice cooker dan oleskan mentega atau minyak didalamnya
  7. Jika sudah panas, masukkan adonan oreo kedalam rice cooker dan tunggu hingga matang
  8. Wahh.. simple banget ya

Jasuke

Jajanan ini sering banget ditemuin di sekitar sekolah atau kampus loh, Sob. Biasanya kalau lapar tapi ingin ngemil, pilihannya beli ini aja. Tapi gimana ya rasanya jajanan ini jika masak sendiri? Jadi penasaran. Yuk deh langsung dipraktekin!
Bahan:

  • ½ batang jagung manis
  • Air
  • Susu kental manis
  • Keju cheddar

Cara Membuatnya Jasuke:

  1. Rebus jagung manis dalam rice cooker hingga matang
  2. Parut keju
  3. Pilin jagung
  4. Masukkan jagung dalam wadah, taburi parutan keju, dan sus kental
  5. Siap dihidangkan

Hmm.. semua masakan bikin lapar ya Sob? Kamu jadi pilih masak yang mana dulu nih? semua ini adalah resep cemilan rice cooker yang enak. Jangan lupa dicobain ya. Dijamin deh rasanya endull bangett. Dan ternyata semua masakan bisa di dimasak dengan rice cooker saja loh.

Bahan-bahan di masakan tersebut juga mudah kamu dapatkan disekitarmu dan jika kamu anak kos, wajib nih nyobain masakan ini. Nggak punya rice cooker? Pinjam aja ke temenmu. Kalau nanti masak jajannya sudah matang, jangan lupa dibagi ketemennya juga ya.

Atau mungkin kamu mau beli sendiri. Harganya juga dijamin nggak akan nguras kantong kalua kamu belinya disini. Klik aja deh gambar dibawah ini!

Okay, cukup sekian dulu informasi resep cemilan enak menggunakan rice cooker yang mudah dan bisa langsung kamu praktekkin. Semoga bermanfaat dan bisa mengisi kegiatanmu di masa-asa PSBB.

 653 total views,  4 views today