Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

HP Mati Total? Coba 5 Cara Cepat Ini Untuk Mengatasinya!

HP Mati Total Coba 5 Cara Cepat Ini Untuk Mengatasinya

Daftar Isi

Kamu mungkin pernah mengalami HP mati total secara tiba-tiba dan tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya. Hal ini tentu menjadi suatu pengalaman paling tidak menyenangkan. Apalagi, HP merupakan salah satu alat komunikasi paling dibutuhkan dalam menjalani aktivitas komunikasi sehari-hari. Untuk itu, yuk simak 7 cara cepat untuk mengatasinya berikut ini!

1. Coba untuk Melepas Baterai pada HP Mati Total

Coba untuk Melepas Baterai pada HP Mati Total

Dilansir dari Smartmobilephonesolutions, ketika HP mati total secara tiba-tiba dan tidak dapat menyala, coba untuk lepaskan baterai dari HP selama beberapa menit. Lalu, kamu bisa coba pasang kembali baterai ke HP dan sambungkan pada pengisian daya. Pastikan charger yang kamu gunakan merupakan charger original sesuai dengan tipe HP yang kamu miliki.

Jika baterai yang ada di HPmu adalah baterai tanam atau tidak dapat dilepas, kamu bisa coba ulangi cara untuk mengaktifkan HP dengan tombol Power On. Ulangi cara tersebut berkali-kali hingga ada tanda bahwa HP ini masih dapat menyala kembali. Sebab, kini memang banyak HP yang memiliki metode memulai ulang perangkat saja dengan menekan tombol Power tanpa harus melepaskan baterai.

2. Periksa HP Mati Total dengan Pengisian Daya

Periksa HP Mati Total dengan Pengisian Daya

Jika HP mati total dan tidak mau menyala saat mengisi daya, hal pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan memeriksa apakah charger, kabel USB, atau stopkontak yang kamu gunakan benar-benar berfungsi dengan baik. Sebab, jika ternyata charger, kabel USB, atau stopkontak tidak berfungsi, otomatis HP tidak akan bisa menyala dan mengisi daya walau sudah coba dinyalakan berkali-kali.

Berikut cara cepat mengetahui fungsi pengisi daya yang sesuai:

  • Pertama, pastikan kabel USB terhubung dengan baik ke port charger dengan tepat pada HP.
  • Kedua, pastikan port tidak berdebu atau kotor. Jika kotor, bersihkan dengan kain bersih atau tisu terlebih dahulu.
  • Ketiga, coba pasangkan charger ke stopkontak lain dari yang sebelumnya. Bisa jadi bahwa stopkontak yang kamu gunakan sebelumnya tidak berfungsi dengan baik.
  • Keempat, gunakan charger bawaan asli atau charger original yang sesuai dengan tipe HP kamu.
  • Kelima, coba isi daya port USB ke laptop atau komputer.

Setelah mencoba memastikan langkah di atas dan pengisian terhubung, coba untuk biarkan HP terisi daya selama minimal 30 menit hingga penuh. Lakukan hingga baterai terisi penuh sehingga dapat memungkinkan HP dapat menyala kembali. Bisa jadi HP mati total ini terjadi karena baterai terkuras habis atau ada kerusakan tertentu pada baterai HP.

3. Periksa Layar HP

Periksa Lauyar HP

Hal selanjutnya yang penting untuk kamu periksa yakni kondisi layar HP. Coba untuk tekan tombol Power On selama 10-30 detik. Tunggu hingga beberapa detik apakah ada tanda getaran atau keluar suara seperti saat HP menyala ulang. Jika tidak, tunggu sekitar 5 menit dan mintalah bantuan pada teman atau rekanmu untuk menelfonmu. Jika pada saat HP mati total dinyalakan atau telfon masuk mengeluarkan getaran atau suara saat dihidupkan, kemungkinan besar masalah ada pada layar HP.

Apabila hal ini terjadi, kamu harus segera membawa HP ke service center terdekat untuk memastikan apakah benar layar HP mu bermasalah atau tidak. Sebab, berbagai cara pun akan terasa sia-sia jika ternyata masalahnya ada pada layar HP.

Baca juga artikel tentang “HP Mati Sendiri? Ternyata Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasi“.

4. Flash HP Mati Total

Flash HP mati total

Jika ketiga cara di atas masih belum bisa membuat HP mati total dapat hidup kembali, kamu mungkin perlu melakukan flash pada perangkat HPmu. Umumnya, HP mati total ini penyebabnya karena firmware yang rusak atau adanya instalasi firmware khusus yang tidak kompatibel. Sehingga, kamu perlu mem-flash ulang HP dengan firmware bawaannya. Namun, tindakan mem-flash ini memang agak sedikit beresiko. Sebab, jika kamu memasangkan firmware yang salah, hal ini justru makin merusak HP.

Untuk memastikan sistem flash dapat berjalan dengan tepat, kamu bisa langsung datang ke teknisi atau service center terpercaya. Sebenarnya, proses flashing HP ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, proses yang salah atau kurangnya pemahaman akan beresiko kerusakan.

5. Kunjungi Service Center Resmi dan Terpercaya

Kunjungi Service Center Resmi dan Terpercaya

Jika keempat cara sebelumnya sudah kamu lakukan tapi HP mati total tidak kunjung menyala, keputusan terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan membawanya ke Service Center Resmi. Dengan adanya Service Center, masalah pada HPmu akan segera terpecahkan beserta solusi apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Kamu juga bisa menjelaskan langsung secara detail pada teknisi tentang apa yang terjadi sebelum HP mati secara tiba-tiba. Hal ini untuk menjadi antisipasi selanjutnya agar kerusakan tidak terjadi kembali.

Solusi Paling Aman Memperbaiki HP Mati Total

Jika HPmu mengalami masalah seperti HP mati total, HP lemot, dan lain-lain, kamu bisa datang ke Service Center Resmi Topsell. Di Topsell Service menyediakan pelayanan resmi dari berbagai merek HP dengan tenaga kerja yang profesional. Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu mengenai keluhan atas masalah yang terjadi pada HPmu. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik Tombol WhatsApp di bawah ini.

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Promo Terkini!

 


 

Cart
  • No products in the cart.